Halo semua, bertemu kembali dengan penulis yang saat menulis ini baru aja selesai ngerjain pekerjaan hahaha. Kali ini penulis kembali akan memposting artikel yang sudah telat sebetulnya, tapi daripada tidak sama sekali lebih baik telat kan hehehe. Bagaimana ceritanya? Begini nih…

 

Kali ini penulis akan mengulas sebuah Masjid yang cukup bersejarah yang seandaikan saja sahabat penulis tidak mengusulkan ke sini, penulis bakal kelewatan ke sini. Masjid ini terkenal dengan sebuat Masjid Cheng Ho yang berada di Surabaya. Jangan tanya bagaimana cara penulis mencapai ke sini, karena jelas saja penulis hanya nebeng alias manut sahabat penulis, namun begitu penulis tetap berbaik hati untuk mencarikan alamat Masjid Chengho ini. Masjid yang terletak di daerah Genteng (namanya emang genteng) beralamatkan di Jalan Gading Nomor 2, Ketabang, Genteng, jadi kalo mau ke sini bagi yang belom pernah tau mending naik taksi aja kali ya hehehe. Bagaimana masjidnya? Begini….

 

ini dia...

ini dia…

Sebetulnya agak kecewa juga dikarenakan Masjid ini ternyata sudah diberi kanopi, padahal menurut sahabat yang diamini oleh mbah gugel, sebelomnya pelataran Masjid ini tidak diberikan kanopi, mungkin penambahan kanopi ini bertujuan untuk mengurangi rasa panas Surabaya yang tambah panas, tapi kesannya jadi gelap sih. Tak buang waktu, setelah mobil terparkir dengan aman, saya dan sahabat langsung masuk ke area masjid untuk melaksanakan Sholat Zuhur. Area Wudhu yang berjejer dengan kamar mandi menunaikan tugasnya dengan baik untuk mengucurkan air bagi jamaah yang hendak berwudhu.

IMG_0910

Beralih ke interior Masjid, nuansa tiongkok makin kental dengan paduan warna merah yang terkadang diselingi warna hijau ditambah angin yang terkadang bertiup semilir membuat ibadah makin khusyuk. Sayangnya interior Masjid tidak terlalu besar paling hanya menampung puluhan jamaah, tapi dengan adanya pelataran mungkin bisa menampung ratusan bahkan ribuan jamaah.

IMG_0907

IMG_0908

 

Tak lama saya berada di sini karena saya harus melanjutkan kembali perjalanan, sembari memakai sepatu perhatian saya kembali teralihkan oleh mu….. Maksud saya perhatian saya kembali teralihkan oleh pahatan dinding yang cukup unik di sudut kanan area masjid Cheng Ho ini, dimana pada sudut ini terdapat replika kapal yang mungkin digunakan laksamana Cheng Ho dan pahatan wajah Laksamana Chengho, cukup unik sih malah bagus untuk jamaah yang ingin mengingat kembali siapa kah Laksamana Chengho itu?

 

mantap nih

mantap nih

IMG_0911

Selepas memakai sepatu, tak lupa narsis sebentar saya pun terpaksa meninggalkan sementara Masjid yang unik ini, tentunya sembari memikirkan alasan apa lagi untuk berkunjung ke sini….

foto bonus

foto bonus